25/10/2015

Berkunjung ke Museum Pesawat Tempur Jerman di Gatow - Berlin

Museum pesawat terbang Berlin

Maksud hati ingin berkunjung ke IFA 2015 Berlin, pameran elektronik tahunan tertua di Jerman yang rutin dilakukan di messe, westend. Tapi kawan justru ngajak berkunjung ke meseum pesawat tempur Jerman, yang letaknya di kawasan  gatow. Distrik yang terletak didekat danau Havelsee ini masih dalam lingkungan bororugh spandau, jadinya kalau mau kesana kita harus ke spandau Hbf dulu, baru dari situ kita naik bus. Dulunya gataw disebut juga dengan Gatho, dan menurut sejarah sudah didiami sejak tahun 1258 masehi. Ketika Jerman terbelah, Gatow masuk kedalam Berlin Barat, yang secara otomatis masuk dalam kekuasaan sekutu Inggris. Dengan penduduk sekitar lima ribuan orang, gatow cukup terkenal, apalagi kalau bukan karena adanya pesawat tempur, yang dalam bahasa jerman disebut juga Luftwaffen Museum der Bunderswehr  atau dikenal juga dengan RAF. Dan kali ini saya mau cerita jalan-jalan ke mesium pesawat tempur ini.



Sekitar tahun 2013 lalu, sebenarnya saya sudah pernah berkunjung ke mesium ini, tapi waktu itu sedang tidak ada event, dan hanya beberapa hanggar saja yang dibuka. Sedangkan kali ini, menurut informasi yang kami peroleh di Internet dan website RAF tentunya, mereka sedang melakukan Air show, selain pameran tentunya. Karena saya pecinta pesawat terbang, jadinya kesempatan langka seperti ini tak akan saya sia-siakan. Kapan lagi mau nonton air show secara live kan? Kalau di Banda Aceh mana ada gituan? Paling pesawat parkir di Blang Padang.



Nah, awalnya kita mau berangkat pagi dan kita sudah sepakat untuk berkumpul  di Spandau Hbf, tapi rumah saya ternyata cukup jauh dari spandau, akhirnya kita molor beberapa jam. Tapi ya gak mengapa lah, toh pesawatnya tidak akan terbang kalau penumpangnya sudah check in? eh OOT. Tiba di spandau Hbf, Kang Yudi yang sudah duluan tiba ternyata cukup sabar menunggu, maklum ini kan sedang summer, pemandangannya cukup indah, jadi menunggu sedikit saya rasa tak mengapa.



Dari Spandau Hbf, kita naik bus 134, dan setelah sekitar 15 Menit kita tiba disana. Karena sedang ada pameran gitu, dari terminal bus kita gak perlu jalan kaki, karena ada bus transit yang menjemput dan membawa kita ke kawasan meseum. Tiba dimuseum, kita tidak diperiksa lagi, malah dibagikan peta kawasan pameran. Bermodal kan peta tersebut, mulai lah kami berjalan-jalan keliling. Padahal waktu pertama sekali kesana tahun 2013 lalu, dari terminal bus kita harus jalan kaki melewati rumah-rumah penduduk yang cukup bagus, dan ketika akan masuk, kita juga diperiksa (seadanya), karena memang ini adalah kawasan militer.

Dan, ini lah foto-foto pesawat terbang.






Pesawat yang dipamer disini tidak semuanya buatan jerman (tau kan kalau Jerman tidak boleh buat pesawat?) tapi juga buatan soviet, Inggris dan Amerika  yang umumnya dipakai saat perang dunia II dulu.

Pesawat yang paling menarik bagi saya tentu yang ini, sikecil yang cukup kencang tapi tidak efisien, karena dibuat hanya untuk terbang dan ngebom. Pesawat ini cukup terkenal dulu waktu jama pak kumis masih hidup.

Nah, itu dulu foto-fotonya ya. Kalau ada kesempatan ke Berlin, tak ada salahnya berkunjung ke meseum ini.

Related Posts

Berkunjung ke Museum Pesawat Tempur Jerman di Gatow - Berlin
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Like the post above? Please subscribe to the latest posts directly via email.

1 komentar:

Tulis komentar
avatar
6/23/2016 11:39:00 am

Waaa keren banget mba Liza museumnya. Anak2 cowokku sangat suka dengan pesawat. Hmmm tapi ini di Jerman sih ya, jauh, hihihi...

Reply