14/09/2015

Keliling Kuala Lumpur Seharian Bermodalkan 300 ribuan

Bisa tidak dengan modal 300 ribuan atau sekitar RM100 diapakai untuk keliling Kuala lumpur selama seharian? Pengalaman saya sih bisa, tapi ya harus berhemat. Gimana caranya? Kita mulai langsung dar KLIA atau KLIA2 ya!


  • Naik Bus ke KL Sentral

Sebenarany ada beberapa opsi untuk menuju ke pusat kota Kuala lumpur dan bandara KLIA, bisa pakai Taksi, KRL atau pakai bus. Kalau tukang ojek atau RBT sepertinya belum pernah saya temui di negara serumpun ini, jadi lupakan saja opsi terakhir ini.



Dari ketiga opsi tadi, kalau jalan sendiri, baiknya naik bus, kecuali kalau lebih dari 5 orang atau bawa barang banyak, baru disarankan untuk naik taksi yang pakai mobil innova, karena bisa muat banyak dan jadinya lebih murah. Pakai bus, tiketnya bisa dibeli do counter, haraganya 11 euro sekali jalan. Sesudah punya tiket. Langsung deh baik ke bus.





  • Makan pagi.

Sebenarnya di bandara banyak opsi makananan yang bisa dimakan, dan kalau rajin hunting, bisa saja harganya jadi terjangkau (baca: tips hunting makan di bandara). Misalnya saja makan nasi lemak yang harganya hanya RM3.5 plus tèh O yang harganya RM 1. maksimal dengan uang RM 10 kita sudah dapat makanan yang layak di kota KL.



  • Transportasi lokal.

Harus diakui, publich transport di KL jauh lebih baik dibandingkan dengan kota manapun di Indonesia. Saat kita masih ribut-ribut pembebasan tanah untuk pembuatan monorel, KRL mereka sudah mengangkut ribuan penduduknya setiap hari.

Untuk transport ini, saran saya naik saja KRL, harganya sekali jalan tergantung jarak, tapi kalau tak banyak jalan2, maksimal dengan uang RM 20 sudah cukup untuk naik turun KRL. 


  • Makan siang

Untuk makan siang, kembali saya sarankan untuk makan di warung sederhana, karena memang diwarung inilah kita bisa tahu apa dan bagaimana penduduk lokal makan. Kecuali anda memang seleranya di restoran mahal, uang yang harus anda keluarkan juga jadi lebih banyak. Kalo di KL, cobalah makan nasi biryani, biasanya sekali makan sekitar RM 10. plus minum 2 sampai 3 ringgit. Kalau air mineral untuk dibawa jalan, saran saya beli di toko-toka biasa, jangan beli di warung nasi atau supermarket, karena harganya bisa lbih mahal katakanlah untuk makan siang dan minuman ini, kita butuh RM.15

Nasi Lemak - Makanan yang dijamin halal dan murah meriah di KL



  • Makan malam

Untuk makan malam, kita bisa coba nasi goreng ala malaysia, beda ya? Ya jelas beda lah, di Indonesia, lain dareah jadi lain nasi gorengnya. Di KL saya temukan ada yang namanya nasi goreng biasa, nasi goreng kampung, nasi goreng seafood, dan sebagainya. Kemarin sempat coba nasi goreng kampung. Rupanya nasi gorengnya warnanya putih dan rasanya lebih pedas dari nasi goreng biasa, mungkin karena pakai cabe rawit dan cabai ijo. Harganya RM 8. saya juga pesan the tarik yang harganya RM 3. taruklah untuk makan malam kita butuh RM 12.


  • Oleh oleh
Bukan orang indonesia kalau jalan-jalan gak bawa pulang oleh oleh (O2). Nah untuk O2 ini bisa dibeli di petaling street atau di pasar seni. Misalnya kita beli beberapa magnet kulkas, dengan maksimal budget RM20. kita sudah punya buah tangan untuk keluarga atau teman.


Nah, berapa kebutuhan untuk liburan seharian di KL? mari kita hitung


Tiket bus PP:

RM 22
Transport lokal

 RM 20
Sarapan pagi

RM 10
Makan siang

RM 15
Makan sore/Malam

RM 12
Oleh-Oleh

RM 20
Total

RM 99


Benar kan apa yang sayan bilang, dengan uang 300-an ribu, kita sudah bisa keliling KL lengkap dengan oleh-oleh. Nah, kalau mau lihat tempat atau kegiatan wisata apa saja yang bisa dilakukan selama seharian di KL, silakan baca tulisan berikut: tempat wisata seharian di Kuala Kumpur

Related Posts

Keliling Kuala Lumpur Seharian Bermodalkan 300 ribuan
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Like the post above? Please subscribe to the latest posts directly via email.